oke sekarang saya shere lanjutan dari postingan yang kemaren , langsung saja ini dia....
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Lunak (software)
merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan
perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan
instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai
penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer,
berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat
keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang
diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia
tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi
untuk :
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
- Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4
macam, yaitu :
- Sistem Operasi (Operating System),
- Program Aplikasi (Application Programs),
- Bahasa Pemrograman (Programming Language),
- Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating
System)
Sistem Operasi yaitu program yang
berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur
kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan
lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan
perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi
utama sistem operasi adalah :
- Menyimpan program dan aksesnya
- Membagi tugas di dalam CPU
- Mengalokasikan tugas-tugas penting
- Merekam sumber-sumber data
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
- Memeriksa kesalahan sistem
- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya :
Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi
(Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah
perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya
program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program
presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programming
Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program
yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam
bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar
diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman,
yaitu :
- Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin
(assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
- Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa
pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan
bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
- Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth
Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek
yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah :
Visual Basic, Delphi, Visual C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat
lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada
hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data,
mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
- Norton Utility
- Winzip
- Norton Ghost
- Antivirus
Pengertian dari hardware atau
dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari
beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen
yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen
tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan
baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras
(hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit
penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri
dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan
mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication,
Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer,
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic
tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen
Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum
ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner
Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor
untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.
Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula
digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard,
mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung,
input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input
ini terdiri dari
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
keyboard qwerty
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah
keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik.
Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
d. Light Pen
Light
pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan
scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK
(Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini
terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil
2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau
photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character
Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner
dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti
mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir
seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus
dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya
seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
PERALATAN
PENYIMPANAN
1. Hard Disk
Hard Disk merupakan Penyimpan
Eksternal yang
umum digunakan dalam sistem komputer. Pada penyimpan eksternal inilah software
diinstal. Hard disk juga bisa untuk menyimpan data milik pemakai.
Penyimpan eksternal ini memiliki
piringan metal yang dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan
dalam entuk titik-titik bermagnet. Data disimpan pada kedua permukaan.
Kapasitas hard disk yang umum saat
ini sekitar 40-100 gigabyte.
2. Disket
Sama seperti hard disk, disket juga
berupa piringan magnetik. Peranti ini dirancang untuk memudahkan pemindahan
data dari satu komputer ke komputer lain yang tidak saling terkoneksi. Disket
yang umum berukuran 3,5 inci (diameter piringan) dengan kapasitas 1,44
megabyte. Di masa lalu terdapat pula disket berukuran 5,25 inci dengan
kapasitas sebesar 1,2 megabyte.
Dalam sistem komputer, disket
diakses melalui peralatan yang disebut disk drive. Saat ini media disket hampir
tidak digunakan lagi.
3. CD
CD atau Compact Disk meruapakn salah
satu media penyimpan eksternal yang berupa piringan optik, yang menggunakan
sinar laser untuk penulisan dan pembacaan data. Dibandingkan dengan disket,
kecepatan akses pada CD jauh lebih tinggi. Kapasitas CD berkisar antara 640
megabyte sampai 1,3 gigabyte.
Jenis-jenis CD antara lain CD-ROM,
CD-WROM, dan CD-Rewritetable.
·
CD-ROM kempanjangan dari Compact
Disk Read Only Memory adalah jenis piringan optik yang mempunyai sifat hanya
bisa dibaca. Jenis ini biasa dibuat oelh vendor untuk membuat produksi massal
seperti menampung buku, ensiklopedi, materi multimedia, atau program.
· CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.
· CD-Rewritable atau CD-RW memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru.
· CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.
· CD-Rewritable atau CD-RW memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru.
Di dalam sistem komputer, CD diakses
melalui peralatan yang disebut CD drive.
C.Perangkat - Perangkat Komputer
Beberapa perangkat komputer yang
sering kita kenal adalah:
B.MOTHERBOARD
Adalah perangkat komputer yang
merupakan tempat dimana alat alat elektronik yang lain dari komputer
diletakkan. Banyak soket soket pada motherboard, seperti untuk processor, PCI
Card dan lain lain. Gambar disamping adalah salah satu motherboard.
B.MODEM
INTERNAL
Adalah perangkat yang berfungsi
mengubah sinyal sinyal analog menjadi sinyal digital dan juga sebaliknya, Modem
singkatan dari Modulasi De Modulasi. Pada gambar disamping adalah Modem
Internal yang dipasang pada PCI Card di motherboard, pada bagian samping
terdapat konektor untuk menguhungkan modem dengan line telepon.
C.LAN CARD
C.LAN CARD
adalah gambar LAN Card yaitu sebuah card yang
digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang
lain. LAN Card ini dipasang pada mother board pada slot PCI Card, untuk
mengubungkan antar komputer yang satu dengan komputer yang lain menggunakan
kabel UTP yang terdiri dari 8 buah kabel dengan warna warna tertentu, soket
yang digunakan adalah soket RJ-45. Untuk jenis Network yang dipilih bisa
menggunakan Peer to peer atau menggunakan yang lainnya. Apabila dihubungkan dengan
lebih dari dua komputer biasanya membtuhkan alat tambahan yang disebut HUB.
D.VGA CARD
VGA CARD adalah sebuah kartu atau
Card yang digunakan untuk meneruskan informasi dari motherboard menuju ke layar
monitor, sehingga menjadi informasi yang dapat dibaca oleh manusia. Pada
beberapa jenis komputer sekarang ini biasanya VGA Card sudah OnBoard artinya
sudah langsung menjadi satu pada motherboard. Namun ada juga kadang yang tidak
On Board.
HARD DISK
Hard disk adalah perangkan
penyimpanan atau storage device, yang berkapasitas sangat besar. Hardisk ini
biasanya dihubungkan pada Motherboard dengan menggunakan kabel ATA atau SATA.
dengan adanya hard disk ini maka kita dapat melakukan penyimpanan data maupun
software dalam jumlah yang sangat besar
D.Macam-Macam Perangkat Keras dan
Fungsinya Yang dibutuhkan Komputer atau Notebook Untuk Mengakses Internet :
- MODEM (MODULASI DEMOLATOR)
- ETHERNET CARD ATAU LAN CARD
- HUB ATAU SWITCH
- ROUTER
- Modem
Fungsi dari modem adalah mengubah data dari digital ke listrik
atau gelombang elektronik dan sebaliknya.
Jenis-jenis modem berdasarkan
beberapa kategori :
A.
Berdasarkan letak di CPU Komputer, modem terbagi dua, yaitu :
1.
modem internal merupaka modem yang
berada di dalam cpu
2.
modem external merupaka modem yang berada di luar cpu
B.
Berdasarkan cara koneksi dengan ISP, modem terbagi dua, yaitu :
1.
modem wireline atau wired merupakan
modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP
2.
modem wireless merupakan modem yang
menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik)untuk berkoneksi dengan ISP
C.
Berdasarkan ISP (Internet Service
Provider) yang digunakan atau teknologi ISP yang dipakai, jenis modem bisa dibagi menjadi beberapa macam, antara
lain :
1.modem adsl
2.
modem dsl
3.
modem cdma
4.
modem gsm
5.
modem dial up
- Ethernet Card atau Lan Card
Lan Card ( kartu jaringan ) berfungsi sebagai alat
penghubung sebuah komputer dengan jaringan komputer atau penghubung komputer
dengan modem jenis adsl dan dsl.
- Hub atau Switch
Switch berfungsi menghubungkan dua komputer atau lebih.
Switch dibutuhkan, jika ingin melakukan sharing internet.
- Router
Router mempunyai fungsi yang sama
dengan Switch, tetapi lebih pintar. Kelebihan Router dibanding Switch adalah
fungsi routing dan gateway-nya. Fungsi routing berguna untuk memilih rute yang
terbaik dalam jaringan, sedangkan gateway berfungsi seperti komputer server.
Pada saat sekarang ini sudah ada
jenis modem tertentu yang juga mempunyai fungsi sebagai router, gateway atau
switch. Jadi pada saat kita ingin melakukan sharing internet ke beberapa
komputer cukup membeli modem model tersebut.
Persyaratan minimal komputer atau
notebook yang digunakan untuk akses komputer
- Processor Pentium III 500 Mhz
- Ram 64 MB
- VGA Card 4 MB
- Sound Card dan Speaker
- CD ROM
- Harddisk 10 GB
- Monitor CRT SVGA
sekian moga bermanfaat